Langsung ke konten utama

Putra Putri Jendral Sudirman Di Hari Pahlawan


Mydswhwkalbar. Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. Sebelum Hizbul Wathan yang sebelumnya bernama Padvinder Muhammadiyah.

Kemudian, karena dianggap kurang relevan, atas usul Haji Hadjid nama itu ditukar menjadi Hizbul Wathan. Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan pada tahun 1918 Masehi di Yogyakarta. Hizbul Wathan artinya pembela tanah air.

Peranan HW banyak terlihat pada sektor penanaman semangat cinta tanah air kepada para pemuda. Dari benih-benih itu menjelmalah kekuatan yang bertekad ikut serta dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Di samping itu, latihan-latihan kepanduan mempunyai andil yang besar dalam melatih kader-kader bangsa dalam menghadapi kaum kolonial yang sedang mencengkeramkan kukunya di Indonesia.

Latihan-latihan itu ternyata membuahkan hasil yang baik di kalangan pemuda. Dari barisan HW ini muncul sederetan tokoh yang cukup handal, seperti Panglima Besar Jendral Sudirman dan lain-lain.

keikutsertaan HW SMA MUHAMMADIYAH 1 Pontianak Qobilah Mawardi Ja'far, pada  upacara Hari PAHLAWAN RI di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, dapat menumbuhkan semangat menghargai pengorbanan pejuang dan juga kader HW yang ikut berjuang menghadapi kolonial sampai Indonesia merdeka.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAMBANG, SIMBOL DAN BENDERA HIZBUL WATHAN

LAMBANG, SIMBOL DAN BENDERA HIZBUL WATHAN Dalam Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan antara Lambang dan Simbol memiliki perbedaan yang sangat mencolok, walaupun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia - simbol diartikan juga dengan lambang. Untuk jelasnya melihat perbedaan tersebut dapat dilihat pada postingan ini : A. LAMBANG Lambang Hizbul Wathan adalah lingkaran dengan gambar matahari bersinar utama dua belas dengan monogram HW di tengahnya. Sinar matahari berjumlah dua belas bermakna bahwa setiap anggota Pandu HW diharapkan mampu memancarkan sinar pribadi muslim sehari penuh kepada masyarakat, bangsa dan negara. B. SIMBOL Simbol Hizbul Wathan adalah sebagai jati diri anggota Pandu HW yaitu berupa lingkaran dengan gambar sekuntum bunga melati di dalamnya, serta sebuah pita bertuliskan " Fasthabiqul Khairat " dalam huruf arab yang artinya berlomba-lomba dalam kebaikan. Kuncup bunga melati dengan daun mahkota berwarna putih berarti suci, b

LIRIK LAGU - LAGU HW

Mars Wathoni P emuda Muhammadiyah anak Hizbul Wathan Pandu berazas Islam Qur’an Hadits untuk Wathan Marilah temanku saudaraku bangsaku Bersatu menjunjung agamamu yang satu Rapatlah temanku bekerja yang sungguh dalam Hizbul Wathan Pemuda Hizbul Wathan takut kepada Tuhan Bekerja yang sabar ikhlas hati serta tahan Harus kita yang kuat berjalanku yang cepat Kita harap sangat bersatu yang rapat Agar lekas dapat tujuan yang tepat dalam Hizbul Wathan SAHABAT HW Datang suatu masa kita ditemukan Berlatih bersama dalam kebaikan Kini diriku menjadi dewasa Bersama dirimu bersiaplah kawan Reff : Sahabat HW kita kan selalu bersama Bergandengan tangan melaju bersama demi masa depan Sahabat HW kita kan mengejar impian Disini kan lahir pemimpin-pemimpin untuk masa depan Indonesia Coda : Lepaskan ragu Lepaskan bimbang Ragu dan bimbang lebih baik pulang ..

TUJUAN, AZAS, VISI DAN MISI PANDU HW

TUJUAN, AZAS, VISI DAN MISI PANDU HW Membahas mengenai Tujuan, Azas, Visi dan Misi Kepanduan Hizbul Wathan tentunya kita tidak bisa lepas dari Anggaran Dasar Kepanduan Hizbul Wathan sebagai bahan acuan penyelenggaraan kegiatan kepanduan ini. Dalam Anggaran Dasar yang telah disahkan pada Muktamar ke-2 Hizbul Wathan di Jakarta pada tanggal 14 - 15 Januari 2011 yang lalu, serta telah disahkan oleh PP Muhammadiyah melalui Surat Keputusannya No. 49/KEP/I.0/B/2011, Tujuan, Azas, Visi dan Misi Kepanduan Hizbul Wathan adalah ... TUJUAN 1.              Menegakkan  dan  menjunjung  tinggi  Agama  Islam,  sehingga  terwujud  masyarakat  Kepanduan yang Islami. 2.              Pro aktif membantu orang tua dalam mendidik, mengasuh dan membimbing anak -anak, remaja dan  pemuda  melalui  pendidikan  dan  latihan  kepanduan,  supaya  menjadi  orang  Islam  yang berarti, bertaqwa kepada Allah, berbudi pekerti yang luhur, berbadan sehat dan tangkas, hingga berguna bagi diri sendiri, Persyarik